Lestari

Senin, 19 Oktober 2015

Lemongan Dan Secangkir Kopi (Indahnya gunung lemongan Lumajang yang harus kita lindungi dan dijaga kelestariannya)

Lemongan Dan Secangkir Kopi

Gunung Lamongan adalah sebuah gunung api di Jawa Timur, bagian dari Pegunungan Tengger dan kelompok Pegunungan Iyang-Argopuro. Puncaknya adalah Tarub (1 651 m).

Gunung Lamongan dikelilingi 27 maar yang garis tengahnya berkisar antara 150 dan 700 meter. Beberapa maar mempunyai danau. Gunung Lamongan juga memiliki 60 puncak. Yang saat ini aktif terletak 650 meterdi sebelah barat daya puncak Tarub. Danau, di antaranya Ranu Pakis, Ranu Klakah dan Ranu Bedali, terletak di lereng barat dan timur. Maar yang kering terletak terutama di lereng utara. Tidak diketahui letusan maar yang tercatat dalam sejarah.

Gunung Lamongan sempat sangat aktif dari tahun 1799, letusan pertamanya yang tercatat dalam sejarah, sampai akhir abad ke-20. (Wikipedia)

Sabtu, 05 Mei 2014 pukul 12.00 berkumpul di Best camp AKAR  untuk memulai perjalanan santai anak Akar. Perjalanan kali ini anak akar hanya berenam ada (kentok,Uqik,mendem,kang lala,golok,Afik plur) start dari bestcamb Pace Silo Jember. Berangkat menuju kecamatan Klakah dengan menggunakan motor selama kurang lebih 3 jam 30 menit kita sampai di Camp laskar Hijau bertemu dan sekalian pamitan kepada ketua laskar hijau MAs AAb panggilan kerennya .kami di sambut mesra oleh anak laskar hijau . secangkir kopi hanya kami nikmati bersama . cukup untuk membangkitkan semangat kami yang terkuras karna perjalanan motor yang begitu sedikit jauh. sedikit bincang tentang lemongan, Kita langsung menuju Camp Laskar Hijau yang tempatnya berada dibawah kaki gunung lemongan sabil lalu kita titipkan sepeda kita di camp tersebut. Pukul 19.30 kami sampai di padepokan Laskar Hijau, sekali lagi kami disambut dengan sangat hangat sekali seakan dinginnya pegunungan gak terasa dan tidak lupa secangkir kopi menemani canda tawa kami bersama  teman laskar hijau pukul 23.00 kami memutuska untuk beristirahat.
         Suara ayam berkokok, nyanyian burung membangunkan tidur kami. suasana pagi kai disuguhi dengan pemandangan menyejukkan mata . ditambah lagi gunung semeru dengan tangkasnya menantang kami untuk kesana . ups tapi tujuan kami bukan ke maha meru sekarang hehehehehe. untuk mengisi waktu kosong yang rencananya kita akan mulai pendakian jam 15.00 kami mengisi aktifitas di camp dengan mulai masak. bersih bersih sampah, merawat bibit, menanam bibit, seperti apa yang telah dilakukan temen teman laskar hijau kerjakan. selain kami membantu aktifitas temen laskar kami juga ingin alam lemongan lestari seperti tempo dulu.

15.00 kami mulai mempersiapkan untuk start pendakian dan akhirnya petualanganpun dimulai. pukul 15.30 WIB kita mulai berjalan menuju watu gede. 14.15 kami sampai di watu gede dengan jalan santai suasana di watu gede membuat kami takjub akhirnya kami putuskan untuk mendidihkan air untuk membuat secangkkir kopi sembari menikmati pemandangan di watu gede... tertawa bercanda, menyelimuti kami. senang sudah pasto bro.. hahahahaha. 17.15 kami melanjutkan perjalanan menuju puncak lemongan dengan sedikit bantuan sinar mentari kami memulai perjalanan dengan sedikit nafas terengah. medan batu sisa letusan gunung lemongan membuat kami sedikit kesulitan untuk menempuh perjalanan kami.

19.00 kami sudah memasuki hutan lumut sampai disitu gunung lemongan mulai menampakkan taringnya, medan basah dan jalan kemiringan disertai jalan berbatu membuat kami sedikit menghadapi rintangan. nyanyian meningkatkan level suasana gunung semakin mencekam, ditambah lagi temen kami seketika mengucapkan Asalamualaikum ... dan kami hanya bertany" ada apa " temen kami menjawab "aku bertemu dengan orang tua yang lagi duduk seperti orang bertapa" kamipun berdoa sejenak memberi slam kepada penghuni dan mahluk yang tinggal di gunung lemongan. alhamdulilah suasana tenang menyelimuti kami dan kami melanjutkan perjalanan.
            21.00 kami sampai di Guci . sekalian kami menambahkan dan menganambil air di guci . konon cerita masyarakat setempat air guci biasanya digunakan untuk membasuh benda pusaka. hehehehe sperti biasa kami beistirhat sejenak sambil menikmati air segar guci dan skali lagi kami membuat secangkir kopi sembari menghangatkan suasana hahahaha..... bercanda kami selingi di dalamnya sambil menikmati kopi panas nan mantap. sejenak terobati meski didepan kami masih ada tanjakan yang nama tanjakan putus asa. mungkin hehehe tapi kayaknya mulai dari watu gede sudah sedikit putus asa hehehe... wadu... pikir kami .. tapi gak masalah selagi persediaan kopi kami masih banyak hahahahahaha ...
         21.30 kami melanjutkan perjalanan hemmmb di perjalanan menuju puncak kami dimanjakan oleh pemandangan lampu kota Lumajang yang membuat kami memutuskan untuk beristirahat dan menikmati sebatang rokok.
       22.00 kami melanjutkan perjalanan puncak lemongan sudah di depan mata . putus asa menghadapi jalan berbatu dan tanjakan lemongan menghampiri kami. hehehehe mungkin di tempat ini yang namanya putus asa. pikir kami seolah olah dibimbangkan oleh bayangan yang menyerupai puncak gunung tetapi setelah sampai ke yang dimaksut kami puncak ternyata bukan tetapi hanya sebuah bongkahan batu besar hahahahaha tertawa kami memecahkan susana . 22.30 kami terus lanjutkan perjalanan dan akhirnya

23.12 semuanya terobati kami melihat bendera merah putih kebanggaan negara kita berkibar dengan gagahnya, kami tersenyum doa, sujut sukur betapa indahnya ciptaan tuhan yang maha kuasa. betapa kecilnya kita diantaranya. akhirnya kami mencapai puncak yang kami inginkan hehe terbaik ... 23.30 tenda mulai didirikan hehehe tidak lupa pula masih selalu secangkir kopi menemani kami berenam. 00.00 kami memutuskan untuk bermalam di puncak lemongan.rencana mau bermalam di pos tapi gaknyangka kita sampai puncak juga.
0430. kami terbangun kami hanya diam gak bisa di ungkapkan dengan kata kata hahahaha gak bisa ngomong karena dingin broooo.Sambil menunggu sambil menunggu matahari muncul kita mengam gambar dengan latar belakang indahnya pagi sang fajar muncul dengan pemandangan lautan awan di bagian bawah setelah puas berfoto foto kita turun kembali ke padepoka laskar hijaudan diteruskan kembali pulangsetelah samp[ai di jember kita langsung melepas lelah si warung CAMtempat kami berkumpul .